Edukasi Bahasa Inggris Dasar Dan Mengenal Jajanan Sehat Dalam Bahasa Inggris Bagi Anak-Anak Tk Permata Bunda Banjarbaru
DOI:
https://doi.org/10.33088/jpustingkia.v3i1.601Kata Kunci:
Edukasi, Bahasa Inggris, Jajanan Sehat, Taman Kanak Kanak, AnakAbstrak
TK Permata Bunda Sungai Ulin Banjarbaru memiliki siswa sebanyak 33 orang dengan kelompok A sebanyak 10 orang dan kelompok B sebanyak 23 orang. Hasil wawancara dengan Guru dan Kepala sekolah TK didapatkan data bahwa disana belum ada dilaksanakan pembelajaran Bahasa Inggris Dasar dan jajanan sehat dalam Bahasa Inggris bagi anak-anak. Kegiatan pelatihan Bahasa Inggris Dasar bagi anak-anak dirancang untuk diselenggarakan pada satu kelompok belajar dengan muatan materi dasar bahasa Inggris yang sesuai bagi tingkatan anak. Metode yang digunakan adalah ceramah, tanya-jawab, dan latihan keterampilan berbahasa Inggris. Kegiatan ini dilakukan selama 2 kali pertemuan. Pertemuan pertama edukasi Bahasa Inggris Dasar dan jajanan sehat dalam Bahasa Inggris. Pertemuan kedua adalah pembelajaran ulang (drill) edukasi Bahasa Inggris Dasar dan jajanan sehat dalam Bahasa Inggris. Didapatkan hasil sebagian besar siswa di TK Permata Bunda Sungai Ulin Banjarbaru tingkat pengetahuannya meningkat setelah diberikan edukasi tentang Bahasa Inggris Dasar (greeting, colours) dan jajanan sehat dalam Bahasa Inggris, yaitu 23 orang (69,6%) yang memiliki tingkat pengetahuan baik. Kegiatan pengabmas ini dapat meningkatkan pengetahuan siswa TK Permata Bunda Sungai Ulin Banjarbaru tentang Bahasa Inggris Dasar (greeting, colours) dan jajanan sehat dalam Bahasa Inggris yang baik sebanyak 69,6%. Selain itu kegiatan pengabmas ini memberikan alternatif pembelajaran Bahasa Inggris Dasar kepada siswa TK, dan kegiatan pengabmas ini juga memberi pengetahuan tentang jajanan sehat bagi anak-anak TK dalam Bahasa Inggris.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 evi risa
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.