GERAKAN LAWAN COVID-19 DENGAN PRODUKSI MANDIRI “HANSKI” MELALUI PEMBERDAYAAN KADER KESEHATAN DI BENGKULU

Penulis

  • Putri Widelia
  • Leni Marlin Poltekkes Kemenkes Bengkulu
  • Sunita Sunita Poltekkes Kemenkes Bengkulu
  • Susiwati Susiwati Poltekkes Kemenkes Bengkulu
  • Halimatussa'diah Halimatussa'diah Poltekkes Kemenkes Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.33088/jpustingkia.v3i1.719

Kata Kunci:

handsanitizer, kemangi, kader

Abstrak

Coronavirus Disease 2019 atau Covid-19 merupakan virus jenis baru yang penularannya dapat terjadi antar manusia dengan manusia. Pandemi Covid-19 telah ditetapkan WHO pada tanggal 9 Maret 2020 yang merupakan dorongan terbesar untuk pelaksaaan program pengabdian ini segera dilakukan. Vaksin atau pengobatan resmi masih dalam proses pembuatan dan uji klinis untuk melawan Covid-19 ini sehingga masyarakat harus bisa melalukan pencegahan dengan memutus rantai penyebaran virus melalui pemahaman dan pelaksanaan protokol kesehatan yang sesuai dengan anjuran pemerintah. Adapun anjuran pemerintah adalah menerapkan pola hidup bersih dengan mencuci tangan pakai sabun atau menggunakan hand sanitizer, jaga jarak, menggunakan masker jika berada di luar rumah dan tetap diam dirumah. Anjuran pemerintah tersebut berdampak pada langkanya ketersediaan hand sanitizer dan harga jual juga meningkat karena di konsumsi secara massal.
Berdasarkan permasalahan tersebut, tim pengabdian masyarakat melakukan kegiatan pengabdian masyarakat berupa melakukan pendampingan kader di Kecamatan Pondok Kelapa dalam pembuatan Handsinitizer berbahan dasar Kemangi sebagai edukasi pencegahan dini Covid-19 di lingkungan Kecamatan Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah. Tujuan pengabdian ini adalah memberikan edukasi kepada kader masyarakat tentang cara membuat hand sanitizer berbahan dasar kemangi. Metode yang digunakan adalah praktek kerja langsung di tempat berupa pemberian materi tentang Covid-19 dan bimbingan atau pelatihan langsung dalam pembuatan hand sanitizer untuk kader Puskesmas Pekik Nyaring yang merupakan wilayah kerja di dalam Kecamatan Pondok Kelapa dan pembagian bibit kemangi. Hasil kegiatan pengabmas ini menunjukan antusias tinggi dan keaktifan semua peserta. Semua kader berhasil dengan baik mempraktekkan pembuatan hand sanitizer dan bahkan membuatkan berlebih untuk diberikan kepada rekan-rekan yang lainnya.

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-31

Cara Mengutip

Widelia, P., Marlin, L., Sunita, S., Susiwati, S., & Halimatussa’diah, H. (2024). GERAKAN LAWAN COVID-19 DENGAN PRODUKSI MANDIRI “HANSKI” MELALUI PEMBERDAYAAN KADER KESEHATAN DI BENGKULU . Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Pusat Unggulan Iptek Penanggulangan Stunting Berbasis Kesehatan Ibu Dan Anak, 3(1), 24–29. https://doi.org/10.33088/jpustingkia.v3i1.719