AUDIO VISUAL EDUCATION DAN DEMONSTRASI DAPAT MENINGKATKAN KETERAMPILAN DAN MOTIVASI DALAM MENERAPKAN BANTUAN HIDUP DASAR

Penulis

  • asmawati asmawati Poltekkes Kemenkes Bengkulu
  • husni husni Poltekkes Kemenkes Bengkulu
  • erni buston Poltekkes Kemenkes Bengkulu
  • Ruth Kristiani saribu Poltekkes Kemenkes Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.33088/jptk.v10i2.566

Kata Kunci:

bantuan hidup dasar, demonstrasi, edukasi, motivasi

Abstrak

Abstrak: Penyebab kematian pada pasien penderita penyakit jantung adalah 80% disebabkan karena henti jantung dengan keberhasilan penyelamatan masih rendah. Penyebab kematian umumnya karena keterlambatan pemberian pertolongan pertama kepada korban henti jantung di tempat dan teknik pemberian pertolongan yang tidak tepat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan keterampilan dan motivasi peserta dalam melakukan BHD setelah diberikan pembelajaran melalui edukasi audio visual dan demonstrasi kelas. Penelitian ini adalah pra-eksperimen, pre and post-test without control group. Jumlah sampel 40 orang sesuai kriteria. Teknik sampling adalah purposive sampling. Analisis menggunakan Wilcoxon test, 95%. Hasil penelitian menunjukkan rerata keterampilan BHD sebelum dilakukan edukasi dan demonstrasi adalah 19,81 dan rerata keterampilan setelah edukasi adalah 72,50. Rerata motivasi memberikan BHD sebelum diberikan edukasi dan demonstrasi adalah 67,28 dan rerata motivasi memberikan BHD setelah diberikan edukasi adalah 75,25. Edukasi dan demonstrasi efektif meningkatkan  keterampilan p-value 0,000 dan motivasi (p value 0,000).

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-28

Cara Mengutip

asmawati, asmawati, husni, husni, buston, erni, & saribu, R. K. (2023). AUDIO VISUAL EDUCATION DAN DEMONSTRASI DAPAT MENINGKATKAN KETERAMPILAN DAN MOTIVASI DALAM MENERAPKAN BANTUAN HIDUP DASAR . JURNAL PENELITIAN TERAPAN KESEHATAN, 10(2), 20–29. https://doi.org/10.33088/jptk.v10i2.566

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>