UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKOENZIM LIMBAH KULIT NANAS (Ananas comosus L) DAN JERUK BERASTAGI (Citrus X sinensis L) TERHADAP BAKTERI Staphylococcus aureus

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Rizki El Mubarokah
Halimatussa'diah Firman

Abstrak

Masalah global yang sedang dihadapi pada negara berkembang maupun negara maju, salah satunya adalah efek samping antibiotik, oleh karena itu dibutuhkan beberapa tindakan untuk mengurangi masalah ini. Penyebab infeksi masih merupakan masalah kesehatan dunia, terutama negara berkembang. Salah satu penyebab infeksi yaitu bakteri Staphylococcus aureus. Staphylococcus aureus bisa menyebabkan keracunan makanan staphylococcus, bakterimia, endokardititis, osteomeilitis hematogen akut, pneumonia, meningitis, abses yang dapat menyebar keseluruh tubuh. Staphylococcus aureus telah mengalami resistensi terhadap antibiotik. Maka alternatif yang dilakukan adalah dengan cara menggunakan bahan yang berasal dari alam yaitu dengan memanfaatkan produk kulit nanas dan jeruk menjadi ekoenzim. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui aktivitas antibakteri ekoenzim limbah kulit nanas (Ananas comasus L.) dan jeruk berastagi (Citrus X Sinensis L) terhadap bakteri Staphycoccus aureus.Metode:Penelitian ini merupakan penelitian Study Deskriptif dengan 6 perlakuan. Masing-masing perlakuan diulang sebanyak empat kali dengan variasi kosentrasi 60%, 55%, 50 % dan 45% dengan Ciprolaxacin sebagai kontrol positif serta aquades sebagai kontrol negatif. Analisa data dengan menggunakan analisa data dengan melihat rata-rata sensitivitas.Hasil: Rata-rata diameter zona hambat pada konsentrasi 60% sebesar 13.1 mm, konsentrasi 55% sebesar 7.9 mm, konsentrasi 50% sebesar 3,75 mm dan pada konsentrasi 25% sebesar 3.35%. Hasilnya diketahui bahwa ekoenzim limbah kulit nanas (Ananas comasus L.) dan jeruk berastagi ( Citrus X Sinensis L) memiliki kemampuan menghambat pertumbuhan Staphylococcus aureus terlihat dengan adanya zona bening yang dibentuk disekitar cakram. Pada penelitian uji aktivitas antibakteri ekoenzim limbah kulit nanas (Ananas comasus L.) dan jeruk berastagi ( Citrus X Sinensis L) terhadap bakteri Staphylococcus aureus menghasilkan daya hambat terhadap bakteri Staphylococcus aureus.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Cara Mengutip
El Mubarokah, R. . dan Firman, H. (2023) “UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKOENZIM LIMBAH KULIT NANAS (Ananas comosus L) DAN JERUK BERASTAGI (Citrus X sinensis L) TERHADAP BAKTERI Staphylococcus aureus”, Jurnal Fatmawati Laboratory & Medical Science, 3(2), hlm. 90–100. doi: 10.33088/flms.3.2.90-100.