HUBUNGAN KADAR KOLESTEROL TOTAL DENGAN HIPERTENSI PADA PASIEN POLIKLINIK JANTUNG DI RSUD HARAPAN DAN DOA KOTA BENGKULU TAHUN 2023

Penulis

  • Devi Cynthia Dewi Kesehatan Masyarakat STIKES Bhakti Husada Bengkulu
  • Tenike Gita Miranda Kesehatan Masyarakat STIKES Bhakti Husada Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.33088/flms.v3i1.407

Kata Kunci:

Kolesterol, Hipertensi, Jantung

Abstrak

Resiko PJK lebih meningkat 8 kali pada penderita hipertensi yang di sertai faktor resiko (kolesterol, merokok, stress dan lain-lain).Hipertensi adalah suatu keadaan dimana tekanan darah seseorang ≥ 140/90 mmHg. Kira-kira 90-95 % orang yang menderita hipertensi dikatakan menderita hipertensi primer. Hipertensi merupakan faktor predisposisi yang kuat dan independen terhadap morbiditas dan mortalitas penyakit kardiovaskuler seperti Penyakit Jantung Koroner (PJK).

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kadar kolesterol total dengan hipertensi pada pasien poliklinik jantung di RSUD Harapan Dan Doa Kota Bengkulu tahun 2023”. Penelitian ini menggunakan metode survey analitik dengan desain penelitian cross sectional. Pengambilan sampel menggunakan accidental sampling dan berjumlah 45 responden.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 95 % pasien memiliki kadar kolesterol total tidak normal dan dengan hipertensi. Serta 22,1 % pasien memiliki kadar kolesterol total normal dan dengan hipertensi. Uji statistic chi-square menunjukkan ada hubungan antara kadar kolesterol total dengan hipertensi pada pasien poliklinik jantung di RSUD Harapan Dan Doa Kota Bengkulu tahun 2023 (p  0,000 ≤ 0,05).

Rumah sakit hendaknya meningkatkan pelayanan berupa penyuluhan tentang hipertensi yang diakibatkan oleh peningkatan kadar kolesterol total pada pasien poliklinik jantung, sehingga peningkatan kadar kolesterol total yang dapat meningkatkan tekanan darah dapat segera dikontrol.

Unduhan

Diterbitkan

2023-06-30

Cara Mengutip

Dewi, D. C. dan Miranda, T. G. (2023) “HUBUNGAN KADAR KOLESTEROL TOTAL DENGAN HIPERTENSI PADA PASIEN POLIKLINIK JANTUNG DI RSUD HARAPAN DAN DOA KOTA BENGKULU TAHUN 2023”, Jurnal Fatmawati Laboratory & Medical Science, 3(1), hlm. 35–43. doi: 10.33088/flms.v3i1.407.