Pemeriksaan Bakteri Escherichia Coli Pada Jamu Beras Kencur Yang Dijual Di Pasar Tradisional Kecamatan Semidang Alas Maras Kabupaten Seluma

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Mardiyansyah Bahar
Cindi Calisti

Abstrak

Jamu dapat dikategorikan sebagai minuman tradisional karena menggunakan bahan-bahan alami seperti tumbuh-tumbuhan berkhasiat. Escherichia coli merupakan bakteri indikator kualitas air dan makanan karena keberadaannya menandakan bahwa air dan makanan tersebut terkontaminasi oleh feses.Penelitian ini tujuannya untuk  menentukan  apakah terdapat bakteri Escherichia coli pada jamu beras kencur yang dijual di pasar Tradisional  Kecamatan Semidang Alas Maras Kabupaten Seluma .Penelitian telah dilaksanakan pada tanggal 18 Mei -28 Mei  2022 di Laboratorium Bakteriologi  AAK-HB. Pada penelitian ini  sampel yang digunakan  Jamu Beras Kencur  yang dijual di pasar Tradisional Kecamatan Semidang Alas Maras Kabupaten Seluma,Sebanyak 3 Sampel yang diambil secara total Sampling. Teknik pengumpulan data obsorvasi secara langsung di lokasi tempat sampel,serta pemeriksaan langsung di Laboratorium Bakteriologi AAK-HB untuk mendapatan data primer ,Pemeriksaan menggunakan Metode MPN  (Most Probable  Number ) Ragam 1 di dapat hasil pada sampel 1 positif  bakteri  Escherichia coli 27/100 ml,sampel  2  mengandung bakteri Escherichia coli 27/100 ml, sampel 3 mengandung Escherichia coli  979/100 ml.


 


Kata Kunci : Jamu Beras Kencur ,Escherichia coli

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Cara Mengutip
Bahar, M. dan Calisti, C. (2023) “Pemeriksaan Bakteri Escherichia Coli Pada Jamu Beras Kencur Yang Dijual Di Pasar Tradisional Kecamatan Semidang Alas Maras Kabupaten Seluma”, Jurnal Fatmawati Laboratory & Medical Science, 3(1), hlm. 1–6. doi: 10.33088/flms.3.1.1-6.