PENGARUH MEDIA LAGU ISI PIRINGKU TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG GIZI SEIMBANG PADA ANAK MIN 2 KOTA BENGKULU
DOI:
https://doi.org/10.33088/jurnalprosehatkuu.v2i1.743Kata Kunci:
media lagu, gizi seimbang, pengetahuan, sikapAbstrak
Masih ada permasalahan serius terkait gizi di Indonesia. Banyak masalah kesehatan yang timbul akibat kurangnya pemahaman tentang gizi yang seimbang, dan hal ini dapat memengaruhi berbagai kelompok usia, termasuk anak-anak sekolah. Anak-anak yang kekurangan gizi dapat mengalami hambatan dalam pertumbuhan fisik, mental, dan intelektual. Penelitian ini bertujuan untuk menilai dampak dari penggunaan media berupa lagu "Isi Piringku" terhadap pengetahuan dan sikap terkait gizi seimbang pada anak-anak di MIN 2 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah Pre Experimen dengan desain One Grup Pretest Posttest. Populasi dalam penelitian mencapai 126 orang, dengan 37 orang diambil sebagai sampel menggunakan metode simple random sampling. Hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam pengetahuan dan sikap setelah intervensi dengan menggunakan uji Wilcoxon signed rank test. P-value sebesar 0,000, menunjukkan bahwa media lagu "Isi Piringku" berdampak positif dalam meningkatkan pemahaman dan sikap terkait gizi seimbang pada anak-anak MIN 2 Kota Bengkulu. Media ini dapat menjadi sumber referensi yang berguna dalam memberikan edukasi gizi kepada anak-anak untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap mereka terhadap gizi seimbang.
Referensi
Komik “ Isi Piringku ” Sebagai Media Edukasi Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Tentang Isi Piringku Pada Siswa Sekolah Dasar‟Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2018.
Andolita, I., Hinga, T., Adu, A. A., Kesehatan, F., Universitas, M., & Cendana, N. (2021). Edukasi kebiasaan cuci tangan dengan penerapan metode bernyanyi sebagai upaya pencegahan penyakit menular pada murid sd negeri tuadale kabupaten kupang. Pengabdian Kepada Masyarakat,
Erika Yulsimaulina, Suaebah, A. (2020). Pengaruh Edukasi Gizi Dengan Metode Bernyanyi Terhadap Asupan Sayur Dan Buah. Nutrition, 3.Papalia, 2018. Human development (psikologi perkembangan). Edisi 9 Anwar, A.K., penerjemah. J. K. P. M. G. (2003).
Pane, D. N., Fikri, M. EL and Ritonga, H. M. (2018) „Pengetahuan Siswa Tentang gizi seimbang dan Cara Penilaiannya‟, Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), pp. 1689– 1699.
Perusquia Ardon, J. C. (2020) „Perbedaan Pengetahuan Gizi Seimbang Sebelum Dan Sesudah Pemberian Pendidikan Kesehatan Dengan Video Animasi‟, 21(1), pp. 1–9. doi: 10.1155/2010/706872. Suasari, A. G. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Roda Jelajah Indonesia Untuk IPS Kelas V. Basic Education, 6(12),/1-103.
Puspitaningrum, W., Agusyahbana, F., Mawarni, A., & Nugroho, D. (2017). Pengaruh media booklet terhadap pengetahuan dan sikap remaja putri terkait kebersihan dalam menstruasi di Pondok Pesantren Al-Ishlah Demak Triwulan II Tahun 2017. Jurnal Kesehatan Masyarakat (Undip), 5(4), 274-281.
Ronitawati, P. et al. (2020) „Edukasi Bekal Sehat Berdasarkan Prinsip Gizi Seimbang Dengan Media “ Isi Bekalku ” Pada Siswa Sekolah Dasar‟, Jurnal Masyarakat Mandiri, 4(3), pp. 407–414.
Vidia, N. (2022). Pengaruh Media Musik dan Lagu Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini kelompok B di Tk Pratama II Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung)
Yuningsih, R., & Kurniasari, R. (2021). Pengaruh Edukasi Gizi Melalui Media Bergambar Dan Permainan Terhadap Pengetahuan Gizi Seimbang Pada Anak Sekolah Dasar (Suatu Pendekatan Studi Literature Review). HEARTY: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 10(1), 1- 7
Yulia, C., Khomsan, A., Sukandar, D., & Riyadi, H. (2018). Nutritional status, physical activity, and sedentary activity of school children in urban area, West Java, Indonesia. Jurnal Gizi Dan Pangan, 13(3), 123-130
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Promosi Kesehatan Poltekkes Bengkulu
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.