MEDIA MAZE CHASE GAMES TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG PENCEGAHAN ANEMIA PADA REMAJA PUTRI
DOI:
https://doi.org/10.33088/jurnalprosehatkuu.v1i2.736Kata Kunci:
anemia, remaja putri, maze case gameAbstrak
Anemia gizi besi pada remaja putri beresiko lebih tinggi karena menyebabkan seseorang mengalami penurunan daya tahan tubuh sehingga mudah terkena masalah kesehatan. Anemia pada remaja putri merupakan masalah yang umum dijumpai terutama di Negara-negara berkembang seperti halnya Indonesia di mana dampak dari anemia tersebut dapat menurunkan produktivitas kerja ataupun kemampuan akademis di sekolah, karena tidak adanya semangat untuk belajar dan konsentrasi belajar. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh media maze chase games terhadap pengetahuan dan sikap tentang pencegahan anemia pada remaja putri. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, yang menggunakan metode Pre Experiment. Desain Penelitian menggunakan rancangan One Group Pre test and Post test. Sampel pada penelitian ini adalah siswi SMP yang berjumlah 33 orang. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling dengan pengambilan sampel yang dilakukan secara acak. Hasil penelitian diperoleh rata-rata pengetahuan sebelum (5,15) dan sesudah (7,45) sedangkan rata-rata sikap sebelum (29,15) dan sesudah (31,45). Hasil penelitian dengan menggunakan uji wilcoxon didapatkan nilai p value = 0,000 < 0,005 yang berarti ada pengaruh media maze chase games terhadap pengetahuan dan sikap remaja tentang anemia. Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan salah satu media pembelajaran untuk diberikan promosi kesehatan tentang anemia pada remaja putri untuk meningkatkan pengetahuandan sikap.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Promosi Kesehatan Poltekkes Bengkulu
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.