PERANCANGAN MEDIA CERITA BERGAMBAR DENGAN MIXED METHOD STUDY TENTANG EDUKASI CUCI TANGAN PAKAI SABUN PADA ANAK SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.33088/jurnalprosehatkuu.v2i2.423Kata Kunci:
Cerita Bergambar, Cuci Tangan Pakai Sabun, Anak Sekolah DasarAbstrak
Cuci tangan sangatlah penting dilakukan dalam kehidupan sehari-hari untuk mencegah dari berbagai macam penyakit. Cuci tangan memang kegiatan yang sangat sederhana, namun bukan berarti harus di kesampingkan. Meskipun sederhana mencuci tangan sangat efektif untuk mencegah dari berbagai macam gangguan kesehatan, karena tangan merupakan sumber dari segala penyakit. Berdasarkan data yang diperoleh dari Puskesmas Kandang Kota Bengkulu tahun 2018 pelaksanaan cuci tangan pakai sabun dan air bersih di wilayah Kandang Mas sebanyak 7.296 (99,56 %) dan yang tidak cuci tangan pakai sabun dan air bersih sebanyak 32 (0,44 %). Tujuan penelitian ini untuk merancang media cerita bergambar tentang edukasi cuci tangan pakai sabun pada anak sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan desain mixed method study dengan jenis penelitian research and development (R&D). Responden penelitian ini berjumlah 35 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Penelitian ini menggunakan teori ADDIE model dengan 5 langkah yaitu, analisis kebutuhan media, perancangan media, pembuatan media, uji coba validasi media, dan uji kelayakan media. Hasil Analisis kebutuhan media bahwa media yang paling disukai anak sekolah dasar adalah media cerita bergambar dengan warna-warna yang cerah, karakter yang menarik, memiliki banyak gambar dan isi pesan mudah dipahami, dan hasil uji kelayakan media ke responden diperoleh skor sebesar 94,2 % yang artinya perancangan media tentang edukasi cuci tangan pakai sabun layak untuk digunakan kepada sasaran yaitu anak sekolah dasar. Saran bagi peneliti selanjutnya untuk menambah variable yang akan diteliti seperti menambah variabel pengetahuan terhadap edukasi cuci tangan pakai sabun.