Pengaruh E-BOLEVID (Booklet Covid) Terhadap Pengetahuan dan Sikap Tentang Covid-19 Pada Siswa SMAN 7 Kota Bengkulu Tahun 2021

Pengaruh E-BOLEVID (Booklet Covid) Terhadap Pengetahuan dan Sikap Tentang Covid-19 Pada Siswa SMAN 7 Kota Bengkulu Tahun 2021

Penulis

  • Indri Elvina Jurusan Promkes Poltekkes Kemenkes Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.33088/jurnalprosehatkuu.v2i2.132

Abstrak

 

ABSTRACT
Background: Corona Virus Disease-19 (Covid-19) is an infectious disease caused by a virus called Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS CoV-2) or often called the Corona virus. The first case of Covid-19 was reported in Wuhan, Hubei, China in December 2019, and on March 11, 2020 the World Health Organization (WHO) stated that Covid-19 had become a worldwide pandemic disease. 19, namely because of ignorance of information so that there is a need for socialization and effective health promotion efforts so that there are changes in prevention.Covid Globally, there were 4,170,424 cases of19 with 287,399 deaths. Meanwhile, the number of Covid-19 cases in Indonesia in June 2020 was 40,400 with a death toll of 2,231. One of the interventions to reduce the prevalence of Covid-19 is education using the E-BOLEVID (Booklet Covid) method. This study aims to determine the effect of E-BOLEVID (CovidBooklet ) on knowledge and attitudes about Covid-19 in students of SMAN 7 Bengkulu City. Methods and Results: This study is a quantitative study, the research design used themethod Pre Experimental(One group pre test and post test), distributing questionnaires via google form about Covid-19 with a sample of 52 respondents. Sampling used random sampling, analyzed through thestatistical test Kolmogorof Smirnof followed by thetest Wilcoxon. The results of the analysis of the average student knowledge about Covid-19 were pre test (6.13), post test (9.37) while the results of the analysis of the average attitude of students about Covid-19 were pre test (27.90), post test (37.12 ). The results of this study indicate that there is an effect of increasing students' knowledge scores and attitudes given the E-BOLEVID (Booklet Covid) with p value= 0.000. Recommendation: This research is expected to be an alternative choice of health intervention for health promoters in conveying information about Covid-19.

Keywords : E-BOLEVID (CovidBooklet ), Covid-19, Knowledge, Attitude

ABSTRAK
Latar Belakang: Corona Virus Disease-19 (Covid-19) merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus bernama Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-COV-2) atau sering disebut virus Corona. Kasus Covid-19 pertama kali dilaporkan di Wuhan, Hubei, Cina pada Desember 2019, dan pada 11 Maret 2020 Word Health Organization (WHO) menyatakan bahwa Covid-19 telah menjadi penyakit pandemi diseluruh dunia.Tingginya angka kesakitan dan kematian yang diakibatkan oleh covid-19 yaitu karena ketidaktahuan informasi sehingga dibutuhkan adanya sosialisasi dan upaya promosi kesehatan secara efektif agar terdapat perubahan dalam pencegahan. Kasus Covid-19 secara global sebanyak 4.170.424 kasus dengan 287.399 kasus kematian. Sedangkan kasus Covid-19 di Indonesia pada Juni 2020 berjumlah 40.400 dengan jumlah kematian 2.231 jiwa. Intervensi untuk mengurangi prevalensi Covid-19 salah satunya dengan edukasi menggunakan metode E-BOLEVID (Booklet Covid). Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh E-BOLEVID (Booklet Covid) terhadap pengetahuan dan sikap tentang Covid-19 pada siswa SMAN 7 Kota Bengkulu. Metode dan Hasil: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, desain penelitian yang digunakan metode Pre Eksperimental (One group pre test and post tes), mendistribusikan kuesioner melalui google form tentang Covid-19 dengan jumlah sampel 52 responden. Pengambilan sampel menggunakan random sampling, dianalisis melalui uji statistik kolmogorof smirnof dilanjutkan dengan uji wilcoxon. Hasil analisis rerata pengetahuan siswa tentang Covid-19 adalah pre test (6,13), post test (9,37) sedangkan hasil analisis rerata sikap siswa tentang Covid-19 adalah pre test (27,90), post test (37,12). Hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh peningkatan skor pengetahuan dan sikap siswa yang diberikan E-BOLEVID (Booklet Covid) dengan p value= 0,000. Rekomendasi: Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan pilihan alternatif intervensi kesehatan untuk promotor kesehatan dalam menyampaikan informasi tentang Covid-19.

Diterbitkan

2021-11-12

Cara Mengutip

Elvina, I. (2021). Pengaruh E-BOLEVID (Booklet Covid) Terhadap Pengetahuan dan Sikap Tentang Covid-19 Pada Siswa SMAN 7 Kota Bengkulu Tahun 2021: Pengaruh E-BOLEVID (Booklet Covid) Terhadap Pengetahuan dan Sikap Tentang Covid-19 Pada Siswa SMAN 7 Kota Bengkulu Tahun 2021. Jurnal Promosi Kesehatan Poltekkes Bengkulu, 2(2). https://doi.org/10.33088/jurnalprosehatkuu.v2i2.132

Terbitan

Bagian

Artikel