PENGARUH MEDIA VIDEO TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP PERSONAL HYGIENE SAAT MENSTRUASI PADA REMAJA PUTRI DI SMPN 05 KOTA BENGKULU
DOI:
https://doi.org/10.33088/jbj.v1i1.278Keywords:
Personal Hygiene, Knowledge, AttitudeAbstract
Kurangnya kesadaran remaja putri mengenai personal hygiene saat menstruasi disebabkan karena kurangnya pengetahuan.Data yang didapatkan di SMPN 05 Kota Bengkulu sebanyak 62,21% telah mengalami menstruasi, 76,66% siswi pernah mengalami gatal-gatal di area genetalia dan 70% mengaku pernah mengalami keputihan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Video Terhadap Pengetahuan dan Sikap Personal Hygiene Saat Menstruasi Pada Remaja Putri di SMPN 05 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ialah kuantitatif dengan desain quasi eksperiment. Desain yang digunakan pada penelitian ini adalah pre test-post test (group pre and post design). jumlah sampel pada penelitian ini yaitu 78 orang yang terdiri dari 39 orang kelompok intervensi dan 39 orang kelompok kontrol. Teknik sampling yang digunakan yaitu nonprobability sampling dengan pendekatan purposive sampling. Hasil penelitian didapatkan rata-rata pengetahuan kelompok video 5,59 meningkat menjadi 13,23 dan Rata-rata sikap 27,59 meningkat menjadi 64,03. Kemudian, rata-rata pengetahuan kelompok leaflet 4,67 meningkat 11,46 dan Rata-rata sikap 33,28 mengalami peningkatan menjadi 58,69. Ada pengaruh pemberian intervensi video terhadap pengetahuan dan sikap remaja putri di SMPN 05 Kota Bengkulu. Kemudian, ada pengaruh pemberian intervensi leaflet terhadap pengetahuan dan sikap remaja putri di SMPN 05 Kota Bengkulu. Ada perbedaan pengetahuan dan sikap sebelum dan setelah intervensi pada kelompok video dan leaflet pada remaja putri di SMPN 05 Kota Bengkulu. Dari penelitian ini diharapkan para remaja dapat melaksanakan personal hygiene saat menstruasi dengan baik dan benar untuk mencegah terjadinya infeksi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Anita Dwi Wahyuni Anita Dwi Wahyuni, Elvi Destariyani, Eliana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.