LITERATURE REVIEW : GAMBARAN AKTIVITAS FISIK DENGAN KEJADIAN OBESITAS REMAJA

LITERATURE REVIEW : GAMBARAN AKTIVITAS FISIK DENGAN KEJADIAN OBESITAS REMAJA

Penulis

  • Antika Reza
  • ismiati ismiati Poltekkes Kemenkes Bengkulu
  • Wisuda Andekamarleni poltekkes kemenkes bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.33088/jurnalprosehatkuu.v1i1.242

Abstrak

Latar Belakang: Obesitas atau kegemukan adalah istilah yang digunakan untuk menunjukkan adanya penumpukan lemak tubuh yang melebihi batas normal. Obesitas terjadi karena adanya ketidak seimbangan antara energi yang masuk dengan energi yang keluar. Aktivitas fisik dapat membantu menurunkan berat badan dengan membakar lebih banyak kalori, dimana jumlah kalori yang terbakar dalam tubuh tergantung pada frekuensi, durasi dan intensitas dari aktivitas fisik yang dilakukan. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran aktivitas fisik dengan kejadian obesitas remaja.

Metode: Penelitian ini  merupakan penelitian deskriptif yang memberikan gambaran tentang variabel yang akan diteliti. Desain yang digunkan adalah  Literature Review (Studi Literatur). Studi Literatur (literature review) merupakan penelitian yang dilakukan oleh peneliti dengan mengumpulkan sejumlah buku, majalah yang berkaitan dengan masalah dan tujuan penelitian. Teknik ini dilakukan dengan tujuan untuk mengungkapkan berbagai teori-teori yang relevan dengan permasalahan yang sedang dihadapi/diteliti sebagai bahan rujukan dalam pembahasan hasil penelitian.

Hasil: Berdasarkan review dari lima belas artikel menunjukkan bahwa aktivitas fisik yang dilakukan remaja terdiri dari aktivitas berat, ringan, sedang, bahkan tidak beraktivitas sama sekali, Hanya sebagian kecil remaja yang mengalami obesitas, akan tetapi pada remaja yang mengalami  obesitas diketahui melakukan aktivitas fisik yang  ringan dan sedang. Aktivitas fisik juga lebih banyak dilakukan oleh anak laki-laki dibanding anak perempuan. Kesimpulan: terdapat hubungan yang signifikan antara aktivitas fisik dengan kejadian obesitas remaja. Diharapkan penelitian literature review ini dapat digunakan sebagai tambahan referensi dan bahan pelajaran bagi masyarakat luas terkhusus mengenai aktivitas fisik dengan kejadian obesitas remaja.

Diterbitkan

2022-07-18

Cara Mengutip

Antika, ismiati, ismiati, & Andekamarleni, W. (2022). LITERATURE REVIEW : GAMBARAN AKTIVITAS FISIK DENGAN KEJADIAN OBESITAS REMAJA: LITERATURE REVIEW : GAMBARAN AKTIVITAS FISIK DENGAN KEJADIAN OBESITAS REMAJA. Jurnal Prosehatku, 1(1). https://doi.org/10.33088/jurnalprosehatkuu.v1i1.242