Gambaran Keberadaan Tinea Unguium Pada Kuku Kaki Petani Padi Di Kelurahan Sungai Selincah Kecamatan Kalidoni Kota Palembang Tahun 2021

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Alia Nurfadilah
Herry Hermansyah
Karneli Karneli
Refai

Abstrak

Latar Belakang : Salah satu masalah kesehatan yang sering terjadi pada petani yaitu dermatofitosis disebabkan jamur dermatofita. Tinea unguium merupakan dermatofitosis yang menyerang bagian kuku. Infeksi ini sering terjadi pada seseorang yang bekerja ditempat lembab dan kotor seperti sawah. Apabila sudah terinfeksi, jamur ini sulit diatasi. Tujuan Penelitian : Mengetahui keberadaan Tinea unguium pada kuku kaki petani padi berdasarkan Jenis Kelamin, Umur, Penggunaan APD, Personal Hygen,  Penggunaan Sumber Air, Pendidikan dan Lama Bekerja.  Metode penelitian bersifat deskriptif, pendekatan cross sectional dengan teknik simple random sampling, menggunakan analisa univariat dan bivariat. Hasil penelitian: Dari 40 reponden, didapatkan 47,5% positif Tinea unguium, Berdasarkan usia, usia produktif 50% positif  jenis kelamin, laki-laki 47,6% tidak memakai APD 65,5% Personal Hygiene, baik 13% lama bekerja, ≥5 tahun 51,4% pendidikan, rendah <SMA 48,6% air tidak mengalir 59,4%. Kesimpulan : Didapatkan gambaran keberadaan Tinea unguium pada kuku kaki petani padi di kelurahan sungai selincah kecamatan kalidoni kota Palembang tahun 2021 sebesar 47,5%. Oleh sebab itu, diharapkan bagi petani padi untuk selalu menjaga pola hidup bersih dan sehat dan mempertahankan Personal Hygiene yang baik.


Kata Kunci : Petani Padi, Dermatofitosis, Dermatofita, Tinea unguium

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Cara Mengutip
Nurfadilah, A., Hermansyah, H., Karneli, K. dan Refai, R. (2021) “Gambaran Keberadaan Tinea Unguium Pada Kuku Kaki Petani Padi Di Kelurahan Sungai Selincah Kecamatan Kalidoni Kota Palembang Tahun 2021”, Jurnal Fatmawati Laboratory & Medical Science, 1(1), hlm. 37–48. doi: 10.33088/flms.1.1.37-48.